Kamis, 22 Maret 2012

APSI KABUPATEN LAMONGAN

ASOSIASI PENGAWAS SEKOLAH INDONESIA (APSI)


        Pengawas Sekolah atau Pengawas Satuan Pendidikan yang selanjutnya di sebut dengan istilah “Pengawas”. Pengawas mempunyai tugas menilai dan membina sejumlah sekolah yang menjadi binaannya baik dari segi akademik maupun manajerial, untuk melaksanakan tugas tersebut perlu peningkatan kualitas pengawas , oleh karena itu pengawas perlu melaksanakan musyawarah secara rutin yang membahas tentang permasalahan yang dihadapi dilapangan.
          Pengawas adalah tenaga kependidikan profesional yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan pembinaan dan pengawasan pendidikan di sekolah baik bidang pengawasan akademik dan manajerial.
         Untuk melaksanakan tugas kepengawasan perlu ada organisasi  yang mewadahinya, yang selama ini dikenal dengan sebutan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah TK/SD (KKPS TK/SD) Kelompok Kerja Pengawas Sekolah SMP (KKPS-SMP), Kelompok Kerja Pengawas Sekolah SMA/SMK (KKPS-SMA/SMK) dan seluruh KKPS yang dikegiatan kerjanya secara intern Dinas Pendidikan dikoordinasikan oleh Seorang Pengawas yaitu Koordinator Pengawas Sekolah (KORWAS).
          Pengawas Madrasah di Departemen Agama dikoordinir oleh Kelompok Kerja Pengawas Madrasah yang terdiri dari Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Ibtidaiyah (POKJA MI) Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Tsanawiyah (POKJA MTs) Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Aliyah (POKJA MA)
        Untuk membantu eksistensi pengawas dalam melaksanakan tugas dilapangan dan perlindungan terhadap pelaksanaaan tugas sebagai pengawas dan menjembatasi hubungan kerjasama antara pengawas dari Dinas Pendidikan dan Pengawas Madrasah dari Departemen Agama, dan hal inilah yang mendorong lahirnya Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) di Jakarta, APSI di Provinsi Jawa Timur dan APSI Kabupaten Lamongan.
        APSI Kabupaten Lamongan Periode 2007 – 2012 telah dilaksanakan pelantikannya oleh APSI Provinsi Jawa Timur pada tanggal 20 Pebruari 2008 di Pendopo Lokatantra Lamongan.
Pengurus APSI Kabupaten Lamongan Periode 2007-2012 dengan komposisi Ketua I, Ketua II, Drs. H. Kusnowo, MSi, Drs. H. Iyas MPd., Sekretaris I dan II, Drs. H. Kamim, MM, Drs. H. Najih A, MAg, Bendahara I dan II adalah Drs. H. Kasrip, MM.MSc. dan  Hj.Mahdhumah, SPd.MPd. .
Bidang Pendidikan Agama : .................... Bidang Keorganisasian :..................... Kerjasama Dalam dan Luar Negeri serta Pendidikan SMK : .................... Bidang Advokasi/Perlindungan Hukum : ................. Bidang Humasy, Penerbitan Media Cetak dan elektronik : ............................... Bidang Diklat Pengawas dan Peningkatan Mutu Pendidikan : ............................. Bidang Pendidikan Guru dan Kelembagaan Pendidikan : ................... Bidang Pendidikan TK/BA, SD/MI/MD/SLB : ............................... Bidang SMP/MTs, SMA/MA : ............................. Bidang LSM, Olahraga dan Generasi Muda : ........................... Bidang Pendidikan Kebudayaan, Seni dan Peranan Wanita : ..................................................
Dalam acara pengukuhan disaksikan oleh Bupati Lamongan ,. Pembacaan SK APSI Provinsi Jawa Timur oleh ..................... dan yang melantik Ketua  APSI Propinsi Jawa Timur ................................
             Koordinator Pengawas Sekolah (KORWAS) berharap kegiatan peningkatan kualitas pengawas di wilayah kabupaten Lamongan dilaksanakan secara bersama-sama antara KORWAS dan APSI melalui Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) Lamongan.
          Untuk menindak lanjuti peningkatan kualitas melalui program MKPS, maka setiap hari Senin diadakan diskusi yang membahas permasalahan yang dihadapi di lapangan, dari Selasa s/d Kamis pengawas sekolah melaksanakan kegiatannya pembinaan dilapangan, kecuali yang bertugas sebagai piket di Kantor Korwas dan hari Jumat adalah hari kegiatan Olah raga dan silaturrahmi di Kantor Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan. Untuk mempererat silaturrahmi setiap sebulan sekali direncanakan kegiatan  kunjungan ke rumah anggota pengawas (home visit) secara bergiliran yang diisi dengan ceramah agama.
          Untuk memperlancar kegiatan pengawas dalam melaksanakan tugas dilapangan perlu adanya dana antara lain : dana transportasi dari ibu kota kabupaten ke daerah dimana sekolah berada, dana operasional, untuk itu Bapak Bupati melalui wakil Bupati ( Drs. Tsalist Fahmi, MM) dalam sambutan pelantikan menganjurkan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk merealisasikan dana dimaksud. Dalam pertemuan terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan  menyatakan bahwa dalam waktu dekat ini (Nopember) akan dilaksanakan pindah ruang Kantor Pengawas Sekolah Kabupaten Lamongan, selanjutnya menurut Kepala Dinas APSI ke depan harus memiliki program yang jlas dan direncanakan kebutuhan-kebutuhannya, selanjutnya iajukan program tersebut kepada Bapak Bupati.   Semoga terwujud semua yang menjadi harapan bisa terwujud…… Amiiin.

2 komentar:

Jooos APSI Lamongan ,semoga lancar kegiatan-kegiatannya, jangan sampai beku seperti masuk peti Es >>> Ya....

Selamat APSI Lamongan .... mudah2an tidak hangat2 tahi ayam ....
sukses

Poskan Komentar